Monday, November 3, 2008

Sistem kekebalan tubuh( imun sistem) I

Dalam satu dasawarsa terakhir, banyak sekali penyakit-penyakit baru bermunculan. Penyakit-penyakit baru tersebut bukan berarti benar-benar baru dalam arti kata yang sebenarnya, tetapi banyak merupakan hasil mutasi perkembangan dari penyakit-penyakit lama. Bahkan penyakit yang umum dalam masyarakat seperti flu, telah muncul banyak sekali variasinya, seperti flu burung, flu singapura,dsb. 

Menghadapi beragam varian dari bakteri dan virus, biasanya kita hanya bisa berharap perusahaan farmasi untuk menemukan obat dan serum yang mujarab. Satu hal yang kita sering lupakan, bahwa didalam tubuh kita terdapat sistem kekebalan yang lebih mujarab dalam melawan segala bentuk bakteri dan virus.

Apabila kita menganalogikan sistem kekebalan tubuh dengan organisasi militer, maka sistem kekebalan tubuh adalah pasukan elite baris depan.Pasukan yang mempunyai tujuan untuk mengidentifikasi, menyerang dan menghancurkan musuh, dalam hal ini bakteri dan virus yang menginfeksi sel tubuh.

Sistem kekebalan tubuh terdiri dari beragam jenis sel, yang mana mempunyai tugas-tugas yang spesifik dan khusus. Ada yang berpatroli dalam darah, ada juga yang berpatroli dalam usus, bahkan beberapa mempunyai tugas untuk menghancurkan bakteri dan virus. Sel-sel tersebut diproduksi oleh sistem kelenjar getah bening( limphatic system), spleen, Kelenjar thymus dan sunsum tulang.

Kita yang hidup di jaman modern, lupa bahwa kita memiliki sistem yang demikian lengkap, sehingga kita lebih mengandalkan obat farmasi daripada memperkuat sistem kekebalan tubuh kita sendiri. Dibagian selanjutnya, kita akan membahas lebih detil lagi tentang sistem kekebalan tubuh dan bagaimana REIKI dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 

 

0 comments: