Thursday, November 6, 2008

Sistem kekebalan tubuh part 2- Dua jenis imunitas

Semua hewan secara alamiah memiliki suatu sistem kekebalan tubuh yang cukup primitive jika dibandingkan dengan hewan yang bertulang-belakang. Dalam operasionalnya,sistem tersebut terdiri dari dua bagian. Bagian pertama sering disebut Humoral innate immunity , sistem ini teridiri dari berbagai macam zat yang dapat ditemukan dalam setiap cairan tubuh. Zat-zat tersebut berfungsi untuk menghambat pertumbuhan pathogen (penyebab penyakit) atau mengumpulkannya menjadi gumpalan-gumpalan yang lebih mudah dibersihkan oleh tubuh. Sedangkan bagian yang kedua, sering disebut sebagai cellular innate immunity, sistem kekebalan tubuh yang dilakukan oleh sel-sel phagocytes. Sel-sel tersebut memakan dan menghancurkan pathogen bahkan beberapa sel penyebab kanker juga tidak luput untuk dihancurkan.

Tetapi hanya makhluk hidup bertulang belakang yang memiliki satu tambahan sistem kekebalan tubuh yang lebih hebat dari makhluk hidup tak bertulang belakang. Sistem dari makhluk hidup bertulang belakang tersebutmampu mengenali dan menghancurkan zat-zat penyebab penyakit yang spesifik. Sistem ini mampu beradaptasi dan memberikan response yang sesuai. 

Kelebihan utama dari sistem ini sebenarnya bukan terletak pada kemampuan penghancurannya tetapi pada bagaimana sel-sel yang tergabung dalam sistem ini mampu mengingat dan mengenali mana zat yang berbahaya, mana yang tidak, membedakan antara sel yang terinfeksi pathogen dan yang sehat. 

Betapa luar biasanya, sistem ini, sehingga sebetulnya kita tidak perlu mengharapkan kesembuhan dari obat-obatan dari luar. Berdayakan sistem kekebalan tubuh kita dan jangan memperlemah nya.  


1 comments:

sos said...

kalau ada yang tahu herbal liver mohon info ke sos.myliver@gmail.com. terima kasih