Tuesday, December 30, 2008

Masuk ke alam meditasi dengan cepat

 Disadari atau tidak, meditasi sudah terlanjur identik dengan mengosongkan pikiran. Ini hal yang salah kaprah, karena meditasi tidak ada hubungannya dengan mengosongkan pikiran. Yang ingin ditekankan oleh para guru meditasi adalah mencapai kondisi no-mind (kondisi tiada pikiran). Kondisi ini berbeda dengan mengosongkan pikiran. 

Apa yang menjadi perbedaan?

Mengosongkan pikiran berarti mencoba menghilangkan pikiran-pikiran yang ada dengan keinginan untuk mengosongkan pikiran. Padahal keinginan itu sendiri identik dengan pikiran, ibarat membuang kopi di gelas dengan menuangkan teh untuk menggantikan kopi. Pikiran tetap keruh dan tidak akan pernah bisa kelihatan dasarnya. 

Memasuki kondisi no mind haruslah alamiah, tanpa paksaan, untuk itu kita harus berada dalam kondisi yang santai. 

Apabila anda merasa kesulitan untuk bersila, tidak apa, anda bisa melakukan meditasi dengan duduk diatas kursi, tetapi carilah kursi yang tidak ada sandaran. 

Mulailah dengan menyiapkan posisi tubuh anda. Tegakkan tulang belakang anda, dan hadapkan ubun-ubun kepala anda ke langit-langit. Letakkan kedua tangan anda diatas paha anda dengan telapak tangan menghadap ke langit-langit. Perhatikan juga kedua telapak kaki anda, letakkan dengan santai diatas lantai. O ya, beri jarak sedikit antara lengan dan tubuh anda. 

Cobalah untuk memejamkan mata, dan tarik napas panjang pelahan-lahan melalui hidung. Tahan sebentar. Kemudian hembuskan habiskan napas anda dengan segera. Ini akan membuat otot-otot anda mengalami rileksasi. Ulangi sebanyak tiga kali. 

Kemudian bernafaslah dengan rileks, tarik napas pelahan dan hembuskan sebelum nafas menjadi penuh. Tarik nafas kembali sebelum nafas habis. Lakukan berulang-ulang sesuka hati anda. Nikmati relaksasi yang dihasilkan. 

Biarkan pikiran anda menunjukan kejernihannya kepada anda. Tenang.....santai.....damai.....

Bila anda telah memutuskan untuk mengakhirinya. Gerakkan jari-jari anda, dan buka mata anda pelan-pelan. Selamat...anda telah berhasil bermeditasi.


0 comments: