Tuesday, April 28, 2009

Be hard worker then be smart

Tanpa disadari, anda dan saya selalu dididik untuk bekerja keras dalam mencari uang. Orang tua kita menganjurkan untuk banyak menabung dan giat bekerja agar kehidupan kita nyaman dan aman di hari tua. Kita diajarkan untuk percaya bahwa bila kita bekerja makin keras maka uang yang dapat dinikmati juga makin banyak.

Tetapi kita juga sering menjumpai, banyak orang yang tidak sekeras kita dalam bekerja, ternyata menikmati uang yang lebih banyak dari kita. Kita merasa tidak adil dan merasa hidup tidak memperlakukan anda baik.


Saya harap, anda tidak membuat penilaian demikian tentang hidup, karena mungkin saja anda tidak bekerja dengan smart. Saya melihat, banyak orang yang hanya mengerjakan apa yang di butuhkan dan diperlukan saja, saya jarang melihat ada orang yang berkerja sekaligus memikirkan bagaimana caranya untuk bisa melakukan pekerjaan yang sama dengan lebih cepat dan lebih baik esok harinya.

Misalnya, anda seorang tenaga penjual, setiap hari anda datang ke customer, membuat perkenalan, menawarkan produk dan kemudian berusaha menjual produk anda. Rata-rata customer yang dapat anda datangi dalam sehari mungkin berkisar antara 3 sampai 4 customer perhari. Jika anda melayani lebih, mungkin tenggorokan anda sudah kering dan cape sekali. Kebanyakan tenaga penjual, mungkin merasa melayani 3 – 4 customer sudah cukup.

Tetapi, anda sebetulnya dapat meningkatkan jumlah customer yang dapat anda layani setiap hari dengan menggunakan telepon. Anda dapat menghubungi 10 customer dan mencoba untuk menawarkan produk anda sebelum anda bertemu dengan mereka. Dengan lebih banyak customer yang dapat anda hubungi, tentu saja anda akan meningkatkan rasio keberhasilan penjualan anda.

Dari contoh diatas kita dapat melihat, bahwa menggunakan teknologi dapat membuat waktu yang kita gunakan untuk bekerja menjadi sangat efisien. Inilah sebetulnya yang dimaksud dengan bekerja dengan smart.

Bekerja dengan smart sebetulnya bukan berarti anda bermalas-malasan, tetapi lebih kepada bagaimana anda mendayagunakan waktu anda lebih efisien daripada sebelumnya.

Nah, jika anda ingin sukses dalam pekerjaan, maka bekerja keraslah, kemudian pikirkan bagaimana caranya untuk mempersingkat waktu pengerjaan pekerjaan anda tanpa mengurangi tingkat kualitas hasil kerja anda.

Apabila anda melihat diri anda kalah sukses dengan orang lain, walaupun sudah bekerja keras, mungkin ini saat yang tepat bagi anda untuk menilai efisiensi anda dalam bekerja.


Be hard worker then be smart

0 comments: