Wednesday, June 10, 2009

Senjata ampuh mengatasi emosi-emosi negatif

Sekitar 2 minggu lalu, teman –teman dari Sinergia life mengadakan sebuah event yang cukup menarik. Di dalam event tersebut, dipaparkan bahwa penyebab penuaan dini pada manusia yang terbesar adalah emosi-emosi negatif yang terpendam. Sebagai manusia, kita tidak luput dari emosi negatif seperti marah, kuatir dan takut, tetapi yang tidak kita disadari adalah adanya tarikan otot di wajah yang menyebabkan garis-garis ekspresi timbul. Dalam waktu lama, garis-garis tersebut dapat mempercepat timbulnya kerutan di wajah.

Dari sudut pandang tradisi Reiki Jepang, Usui Reiki Ryoho dan Gendai Reiki ho, emosi-emosi negatif yang terpendam di alam bawah sadar kita tersebut merupakan sebuah pemborosan energi. Alih-alih digunakan untuk membuat diri kita sukses, energi tersebut digunakan untuk membuat kita berpikir tentang trauma-trauma yang sebenarnya sudah lewat.

Tahukah anda, bila energi yang anda gunakan untuk marah, kuatir, kecewa dan takut tersebut anda alihkan fungsinya untuk bekerja, anda akan lebih cepat untuk sukses. Bila anda mampu untuk keluar dari trauma anda, anda memiliki potensi energi yang luar biasa untuk sukses. Sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara yang mudah untuk mengatasi emosi-emosi negatif tersebut.

Jika anda mau berangkat berperang, anda pasti akan memastikan siapa dan apa musuh anda terlebih dahulu bukan? Begitu juga dengan usaha anda untuk mengatasi emosi-emosi negatif, anda harus lebih dahulu mengenal darimana asal emosi-emosi negatif tersebut.

Secara garis besar, emosi negatif terjadi karena dua hal, yang pertama adalah masa lalu, dan yang kedua masa depan.

Bila anda mengalami sesuatu hal buruk di masa lalu, kenangan tersebut akan menghantui anda dan membuat anda minder dan rendah diri, sebaliknya bila anda mengalami hal baik dimasa lalu, anda akan sering melamun mengenang masa-masa tersebut. Sayangnya, segala sesuatu telah berlalu, dan kenangan anda membuat anda merasa tidak puas dengan masa sekarang, dan anda merasa menderita.

Kedua adalah masa depan, masa depan tidak pernah dapat diprediksi seutuhnya, dan tidak pasti. Ketidakpastian ini dapat membuat anda merasa kuatir dan terancam. Hal yang sering orang tidak sadari adalah, masa depan terjadi karena tindakan kita saat ini, dan setiap orang mempunyai kekuatan membangun masa depannya sendiri.

Lalu solusi apa yang dapat dengan mudah kita gunakan untuk mengantisipasi emosi negatif? Solusinya juga ada dua, MEMAAFKAN DAN BERSYUKUR

Dengan memaafkan kita memutuskan rantai beban masa lampau dan meringankan langkah kita kedepan.

Dengan bersyukur kita memutuskan khayalan akan masa depan dan memusatkan perhatian kita pada saat sekarang.

Inilah obat mujarab untuk emosi-emosi negatif


 

 

0 comments: