Tuesday, August 4, 2009

Apa arti hidup

Hari ini, siapa yang dapat menyangka, seorang Mbah Surip, yang perjuangan ekonominya memakan puluhan tahun, setelah mendapatkan kekayaan yang berlimpah, tiba-tiba meninggal. Sekali lagi kita di perlihatkan betapa fananya kehidupan ini, suatu saat kita terlihat hidup dan beraktifitas, suatu saat kemudian kita sudah tidak ada lagi di dunia ini.


 

Di suatu saat kita lahir ke dunia, berkembang, di saat yang lain kita mengalami penuaan, sakit dan mati. Walaupun kelihatannya sangat alamiah, proses kehidupan yang selalu berubah, membuat kita merasa tidak aman sehingga menyebabkan penderitaan dalam mengarungi kehidupan.


 

Seringkali kita akan bertanya " Bila segala sesuatu selalu berubah, hal-hal yang baik berakhir dan hal-hal yang jelek juga berakhir, lalu apa sebenarnya arti hidup ini?". "Apakah tidak ada sesuatu yang dapat kita miliki selamanya?", " Apakah yang sebenarnya dimaksud dengan kebahagiaan?"


 

Inilah pertanyaan-pertanyaan mendasar yang sering kita tanyakan kepada diri sendiri bila dipertemukan dengan perubahan dalam kehidupan ini.


 

Tetapi kita seringkali ingin lari dari pertanyaan-pertanyaan ini dan berusaha menghindarinya sebisa mungkin. Padahal, apabila kita mampu menjawab pertanyaan " Apa sebenarnya arti hidup ini?", dari lubuk hati Anda yang terdalam, Anda akan mendapatkan sumber motivasi yang tak terbatas dalam mengarungi kehidupan. Sehingga anda boleh melupakan keinginan Anda untuk mengikuti seminar-seminar motivasi……J karena sudah tidak diperlukan lagi.


 

Lalu sebenarnya apa sih arti hidup ini? Bila kita mau berdiam diri sebentar, kita akan mendapatkan beberapa petunjuk untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tuhan tidak membiarkan kita hidup tanpa tujuan.


 

Bila anda bingung, beberapa fakta berikut mungkin dapat Anda pergunakan untuk membantu Anda menemukan jawabannya:


 

  • Tidak ada sesuatu yang tidak berubah, berarti perubahan adalah abadi
  • Kehidupan memiliki tahapan, setiap tahap memiliki kesulitan dan potensinya sendiri
  • Segala sesuatu berulang, ada saatnya sedih, ada saatnya gembira
  • Apa yang kita lakukan berakibat pada orang lain dan alam sekitar, dan apa yang orang lain perbuat, berakibat kepada kita


 

Nah, fakta-fakta diatas adalah beberapa hal yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan petunjuk tentang arti hidup Anda. Beri Komentar pada artikel ini jika anda menemukan fakta-fakta yang lain agar penemuan anda dapat membantu orang lain.

0 comments: