Thursday, February 11, 2010

Rasa takut hilang dalam 1 menit

Dalam berbagai literatur, seminar maupun ajaran-ajaran religius selalu menganjurkan kita untuk bersyukur atas apa saja yang telah kita miliki. Mensyukuri rahmat Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan kita, yang memberi nafas, makanan, minuman, keluarga yang harmonis, pekerjaan dsb.

Rasa syukur yang mendalam, sering menimbulkan ketentraman hati. Membuat hati dan pikiran kita tersenyum sepanjang hari. Oleh karena itu, saya selalu menganjurkan kepada para pasien dan murid saya untuk selalu bersyukur setiap hari. Mulai dari hal-hal yang kecil hingga hal-hal yang besar.

Dengan bersyukur, penderitaan seakan-akan lenyap dari pikiran dan batin kita, menguap begitu saja, dan memberikan energi baru buat kita.

Hanya saja, bersyukur saja sepanjang hari, tidak menjamin bahwa masalah yang anda alami selesai begitu saja. Misalnya, anda sedang kurang uang untuk biaya anak sekolah kebutuhan sehari-hari, biaya obat dsb, maka dengan bersyukur maka batin anda menjadi tenang, tetapi bukan berarti masalah anda selesai.

Untuk membuat masalah anda selesai dan tidak datang kembali, anda membutuhkan kerja nyata yang dapat membawa hasil yang anda inginkan. Buatlah rasa tenang dan senang di dalam batin anda sebagai modal untuk bekerja. Niscaya anda akan berhasil didalam segala apa yang anda kerjakan.

Bila dalam bekerja, tiba-tiba pikiran anda teringat oleh masalah yang anda hadapi dan batin anda diliputi oleh ketakutan. Jangan kuatir, saya akan beri anda penangkalnya...yaitu " PERCAYA".

Percayalah bahwa hari esok akan lebih baik, percayalah bahwa anda melakukan hal yang benar, percayalah bahwa perjuangan membawa nikmat. Percayalah bahwa segala sesuatu akan menjadi lebih baik.

Kemudian jika anda merasa tidak ada sesuatupun didalam kondisi anda yang memberikan sinyal harapan, dan anda dilanda putus asa, maka:

Bila anda bertemu dengan seseorang hari ini, katakan padanya bahwa apapun masalah yang dia alami akan selesai pada waktunya nanti, katakan padanya bahwa hari esok akan lebih cerah, ajak dia ngobrol satu menit saja, dan tekankan padanya bahwa anda percaya bahwa kehidupannya akan lebih baik.

Dan setelah anda meninggalkan orang tersebut, rasakanlah bahwa rasa takut anda akan kehidupan telah hilang, dengan usaha kurang dari 1 menit.


silakan mencoba

0 comments: