Thursday, October 20, 2016

Teknik 12 posisi tangan penyembuhan ( Basic 12 hand healing positions)

Dalam penyembuhan dengan Reiki, kita membagi tubuh manusia menjadi 3 bagian, kepala, tubuh depan dan tubuh belakang. Setiap bagian memiliki 4 titik dimana tangan penyembuh diletakkan. Jumlah total ada 12 titik dimana tangan seorang penyembuh harus diletakkan. Untuk memudahkan penyebutan, para praktisi Reiki sering menyebutnya sebagai “12 posisi dasar untuk penyembuhan”.

Simbol H untuk posisi-posisi di kepala, F untuk posisi-posisi di tubuh depan dan B untuk posisi-posisi di belakang. Kemudian untuk urutan penempatannya digunakan angka 1 sampai 4. Berikut ini adalah penjelasan tentang posisi-posisi tersebut.

Bagian kepala (H)

• H-1 ( Depan wajah) : Posisi ini berguna untuk menghilangkan rasa sakit di wajah, hidung, gigi dan dagu. Meningkatkan konsentrasi dan keseimbangan, meredakan stress dan meningkatkan kesadaran spiritual.

• H-2 (Sisi wajah) : Menyeimbangkan kerja kelenjar pituitary dan kelenjar pineal dengan menyeimbangkan kada hormone di dalam otak. Posisi ini juga ampuh untuk mengurangi sakit kepala dan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan otak kanan. Beberapa pasien bahkan mengatakan memori mereka lebih kuat setelah menerima terapi Reiki di posisi ini.

• H-3 (Belakang kepala): Di posisi ini, kita memberikan energi Reiki pada bagian bawah dari otak, tulang belakang dan cerebellum. Memberi energi Reiki disini dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, kreativitas dan membebaskan emosi seseorang dari rasa takut.

• H-4 (Tenggorokan) : Posisi ini akan memperbaiki sirkulasi darah, kelenjar getah bening, tekanan darah dan metabolisme tubuh. Memberi rasa percaya diri, kedamaian, rasa tenang dan kegembiraan. Posisi ini juga meningkatkan kreativitas dan komunikasi

Bagian tubuh depan (F)

• F-1 (Thymus atas) : Memperlancar sirkulasi darah, jantun, paru-paru dan kelenjar thymus. Memberi energi Reiki di posisi ini akan membuat pasien merasa kepercayaan dirinya meningkat, mempunyai mental yang stabil dan harmonis.

• F-2 (Perut bagian atas): Posisi ini memberi energi Reiki pada liver, lambung, empedu, limfa dan sistem pencernaan. Seringkali pasien merasakan rasa takut, kuatir dan gelisahnya berkurang setelah mendapatkan terapi di posisi ini.

• F-3 (Bagian ibawah pusar) : Posisi ini memberi energi Reiki pada organ liver, pancreas, limfa dan usus besar. Sangat berguna untuk melepaskan stress dan kegelisahan.

• F-4 (Perut bagian bawah) : Posisi ini memberi energi Reiki pada usus besar, usus halus, ovarium, rahim dan organ reproduksi. Semua gejala penyakit yang disebabkan oleh gangguan di alat kelamin dapat disembuhkan melalui posisi ini. Selain itu, posisi ini juga membebaskan emosi seseorang dari rasa takut, tekanan dan kegelisahan.

Bagian tubuh belakang (B)

Di tubuh bagian belakang, energi mengalir dari pundak searah dengan tulang belakang ke bawah menuju bagian rahim atau prostate melalui ginjal dan kelenjar adrenalin.

• B-1 (Sisi-sisi scapula) : Memberi energi ini memberikan efek seperti pada posisi F-1. Tetapi posisi ini juga dapat menyembuhkan gangguan pada leher, mitral valve, tulang belakang bagian thorak, tulang belakang bagian lumbar, dan sistem saraf.

• B-2 (Punggung atas) : Memberi energi ini memberikan efek seperti pada posisi F-2. Tetapi posisi ini juga dapat menyembuhkan gangguan pada tulang belakang bagian thorak, tulang belakang bagian lumbar, dan sistem saraf. Memberikan energi pada tubuh secara menyeluruh dan meredakan tegangan.

• B-3 (Lumbar) : Memberi energi ini memberikan efek seperti pada posisi F-3 termasuk gangguan pada ginjal, kelenjar adrenalin dan lumbar.

• B-4 (Tulang belakang bawah) : Memberi energi ini memberikan efek seperti pada posisi F-4 dan tulang bagian bawah seperti bagian bawah tulang belakang, coccyx, pubis dan sistem saraf.


Dengan melakukan terapi pada 12 posisi tersebut, pikiran dan tubuh akan menjadi seimbang dan harmonis.


Hal-hal yang perlu di ingat:

Sebelum memulai terapi, carilah tempat yang bersih, mempunyai pencahayaan yang cukup terang, tidak bising, dan berventilasi baik. Tetapi jika anda tidak menemukan tempat yang ideal, cukup bersihkan dan murnikan tempat tersebut dengan energi Reiki.

Sediakan selimut atau handuk untuk pasien anda, karena pasien anda akan merasa dingin ketika sedang dalam kondisi santai. Putarlah musik yang lembut, karena akan membantu anda dan pasien anda untuk lebih santai.

Cucilah tangan anda sebelum anda menyentuh pasien anda yang akan sekaligus membersihkan getaran-getaran negatif dari tangan anda, setelah itu gosok-gosokan tangan anda untuk membuat telapak tangan anda hangat.


Copotlah jam tangan dan kacamat anda dan pasien, karena dapat menganggu proses terapi. Tetapi cincin dan anting-anting dapat terus dipakai karena dapat menyerap energi positif.

Sang pasien dapat berada pada posisi tidur atau duduk. Dalam posisi apapun, harus santai dan tenang. Jangan menekuk tangan atau kaki, biarkan dalam tangan dan kaki pasien anda dalam kondisi lepas, tanpa tekanan.

Letakkan tangan anda diatas pasien anda bila anda tidak dapat menyentuhnya. Untuk tempat-tempat di mana tidak dapat disentuh seperti luka bakar atau sakit kulit, letakkan tangan anda sekitar 3 hingga 5 cm diatas area. Meletakkan tangan diatas baju atau selimut sama efektifnya dengan meletakkan tangan diatas tempat yang sakit.


Buka tangan anda secara alamiah dan santai, tetapi satukan jari-jari tangan anda. Ibu jari anda dapat sedikit agak jauh dari keempat jari yang lain. Apabila jari-jari tangan anda terpisah, maka energi yang anda salurkan akan menyebar. Selalu salurkan Reiki dengan jari-jari menyatu kecuali anda ingin menyalurkan energi yang bersifat halus dan lembut. Sentuhlah pasien anda selembut bulu, berikan sensasi santai dan lembut.
  1. Teknik dua tangan. Pada umumnya, para praktisi Reiki menerima energi Reiki dengan tangan kiri dan menyalurkannya dengan tangan kanan. Walaupun begitu, anda tidak perlu memilih tangan mana yang menerima dan tangan mana yang menyalurkan Reiki, karena efektivitasnya sama saja. Intinya adalah gunakan kedua belah tangan anda semaksimal mungkin. Ketika anda menempelkan Reiki di suatu area di tubuh pasien anda, Reiki akan mulai menyebar dan memenuhi tubuh pasien anda, untuk itu ada baiknya anda mempercepat penyebaran Reiki dengan cara menumpukkan kedua belah telapak tangan anda. Dan yang perlu diingat, usahakan selalu menempelkan telapak tangan anda ke tubuh pasien anda, kehangatan telapak tangan anda dapat membantu pasien anda untuk rileks.
  2. Teknik satu tangan. Penggunaan teknik satu tangan biasanya sangat jarang dilakukan, tetapi kadang kala kita memerlukannya untuk memberikan Reiki pada daerah berbeda pada saat yang bersamaan, misalnya bahu dan siku tangan. Selalu gunakan kedua belah tangan untuk organ tubuh yang berpasangan seperti paru-paru dan ginjal untuk hasil yang lebih maksimal.
Jelaskan perubahan-perubahan yang terjadi setelah sesi penyembuhan. Terkadang beberapa kondisi dan gejala penyakit dari sang pasien lebih buruk dari pada sebelum disembuhkan. Beberapa pasien menderita demam, yang lain mengalami diare, atau merasa sakit. Tetapi anda jangan kuatir, karena proses penyembuhan sedang terjadi,tubuh sedang mengeluarkan racun-racun yang ada.

Sebaiknya anda menjelaskan lebih dahulu kepada pasien anda agar mereka tidak terkejut.

Lakukan prosedur berikut ketika memberikan terapi Reiki
1. Lakukan teknik Reiki shower untuk mengaktifkan dan menguatkan energi anda.
2. Buat pasien anda santai.
3. Lakukan pemebersihan aura.
4. Letakkan tangan anda di 12 basic hand positions( 12 posisi tangan ) selama 5 menit untuk setiap posisinya. Suatu saat jika sensitifitas tangan anda meningkat anda akan merasakan tempat-tempat yang sakit dengan mudah dan melakukan penyembuhan sesuai dengan ajaran asli Reiki Ryoho dari sensei Usui.
5. Akhirilah sesi terapi dengan melakukan pembersihan aura.



0 comments: