Bagian pembukaan dari Reiki Ryoho Hikkei

Dalam halaman pendahuluan buku panduan Reiki( Reiki Hikkei) , tercatat tanya jawab sensei Usui dengan seorang jurnalis membahas banyak hal tentang Usui Reiki Ryoho, berikut adalah terjemahannya:


   Kenapa saya mengajarkan Reiki kepada masyarakat umum- Oleh penemu Reiki, Mikao Usui. 
 ( Terjemahan Bahasa Indonesia,oleh Husadareiki) 

Sudah menjadi tradisi dimanapun kita berada, bila seseorang menemukan suatu pengetahuan yang belum di ketahui orang banyak, kita cenderung hanya mengajarkannya kepada keluarga kita sendiri demi keuntungan dan kesejahteraan anak-cucu kita. Ilmu tersebut tidak di ajarkan kepada orang di luar keluarga kita.

Tetapi itu adalah kebiasaan yang sudah tidak pada jamannya lagi, karena di jaman modern ini, kita baru bisa merasa bahagia bila kita hidup dan bekerja bersama orang lain untuk kesejahteraan dan kemakmuran bersama. Itulah mengapa, saya tidak setuju jika ini (Reiki) hanya diperuntukkan untuk keluarga saya sendiri.

Metode dan teknik yang saya kembangkan ini adalah sesuatu yang baru,. Sebelum saya, tidak ada seorangpun di seluruh dunia yang menggunakan metode ini. Oleh karena itu, saya ingin berbagi dengan masyarakat untuk kebaikan dan kesejahteraan seluruh manusia pada umumnya. Karena, semua orang berhak menerima berkat spiritual dari Tuhan.

Metode saya ini, didasarkan pada kekuatan spiritual yang ada di alam semesta. Dengan kekuatan ini, tubuh menjadi sehat, pikiran menjadi tenang, sehingga hidup menjadi lebih menyenangkan. Hal ini sangat penting karena di jaman sekarang, kita harus berjuang tidak hanya untuk kepetingan materi saja tetapi juga untuk meningkatkan kualitas pribadi, sehingga kita mampu membantu sesama yang menderita baik batin maupun fisik. Itulah mengapa saya mengajarkan Reiki kepada masyarakat umum

Apa itu Usui Reiki Ryoho? 

Saya bersyukur bahwa sekarang kita mempunyai petunjuk hidup yang diberikan oleh kaisar Meiji. Petunjuk hidup yang mana bila kita mengikutinya dapat membuat kita menemukan jalan yang benar dalam hidup.Untuk itu kita harus belajar untuk meningkatkan kualitas tubuh dan batin kita.

Pertama-tama, sembuhkan kondisi batin kita terlebih dahulu, kemudian badan kita akan segera menjadi sehat. Kemudian jika kondisi batin dan tubuh dalam keharmonisan, kehidupan kita akan menjadi damai dan menyenangkan. Kita menyembuhkan diri kita terlebih dahulu kemudian membantu orang lain untuk sembuh agar hidup menjadi lebih berbahagia. Inilah tujuan dari Usui Reiki Ryoho, menurut saya.


Apakah Usui Reiki Ryoho adalah sejenis hypnosis, kiai jutsu treatment*, shinko ryoho (penyembuhan keagamaan) atau yang sejenis, hanya berbeda nama? [* menggunakan suara untuk mengalirkan energi qi] 

Tidak sama, Reiki Ryoho berbeda dengan semua teknik tersebut. Ini adalah metode untuk menyembuhkan tubuh fisik dan batin yang saya temukan setelah menjalani latihan spiritual bertahun-tahun.

Apakah ini metode penyembuhan secara spiritual [shinrei ryoho]? 

Ya, bisa dibilang seperti itu. Tapi juga dapat dikatakan sebagai metode penyembuhan fisik karena ki dan cahaya terpancarkan dari tubuh sang praktisi-khusunya tangan , mata dan mulut. Sehingga jika sang praktisi memfokuskan matanya, meniup atau memijat tempat-tempat yang sakit, seperti sakit gigi, pusing, sakit saraf, colic, sakit perus , luka potong, memar, terbakar dll, rasa sakitnya bisa segera hilang,

Tetapi penyakit-penyakit yang kronis dan menahun membutuhkan waktu untuk sembuh, Walaupun butuh waktu, setiap kali terapi tetap akan ada tanda-tanda kesembuhan yang didapat.

Fenomena ini belum dapat dijelaskan oleh ilmu kedokteran modern. Tetapi saya kira hasil penyembuhan yang didapat bisa bicara dengan sendirinya.

Bahkan bagi mereka yang tidak ingin percaya, tidak bisa mengabaikan hasil yang didapat.


Apakah anda harus percaya dengan Usui Reiki Ryoho sebelum ada hasil penyembuhan?

Tidak perlu, karena ini bukan sugesti seperti psikotherapy atau hypnosis. Karena bukan sugesti, maka anda tidak perlu percaya untuk bisa sembuh. Tidak masalah jika anda meragukan atau menolak untuk percaya tentang Reiki. Tetap saja Reiki secara efektive membantu kesembuhan penyakit. Bahkan Reiki dapat secara efektive bekerja pada mereka yang sedang tidak sadar dan koma. Walaupun tidak percaya, setelah terapi pertama, biasanya mereka akan menyadari Reiki dan percaya tentang Reiki.


 Penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan Usui Reiki Ryoho?

Semua keluhan, apakah itu keluhan psikis ataupun organik, semua bisa di terapi dengan metode ini.


Apakah Usui reiki Ryoho hanya menyembuhkan penyakit fisik?

Tidak hanya problem fisik, metode ini dapat juga menyembuhkan kebiasaan buruk dan gangguan psikis seperti keputus-asaan, lemah karakter, penakut, plin-plan, dan kegugupan. Melalui metode ini jiwa kita menyadari keberadaan Tuhan dan membuat kita berkeinginan untuk membantu orang lain. Dengan demikian kita bisa berbahagia.


Bagaimana Usui Reiki Ryoho bekerja?

Saya tidak menerima metode ini dari orang lain, atau saya melatih diri dan belajar menumbuhkan kekuatan supranatural. Ketika saya berpuasa, saya mengalami suatu pengalaman spiritual- saya merasakan suatu energi yang sangat kuat, dan kemudian menyadari bahwa saya telah menerima berkat kemampuan penyembuhan. Oleh karena itu, walaupun saya adalah orang yang menemukan metode ini, saya tetap kesulitan untuk menjelaskannya secara gamblang. Bahkan ilmuwan dan orang-orang terpelajar kesulitan untuk menjelaskan fenomena ini secara keilmiahan. Suatu hari, mungkin akan ada penjelasan secara ilmiah di masa datang.

 Apakah Usui Reiki Ryoho menggunakan obat dan apakah ada efek sampingnya?

Reiki tidak menggunakan obat apapun dan tidak menggunakan peralatan medis. Hanya memfokuskan mata, meniup, menempelkan tangan, menepuk dan memijat(stroking?).


In order to use Usui Reiki Ryoho does one need medical knowledge? 

Metode saya ini adalah metode spiritual yang berada diluar ilmu pengobatan modern, jadi tidak memerlukan pengetahuan kedokteran supaya Reiki bisa efektif.

Kita memfokuskan mata, meniup, menempelkan tangan dan memijat (stroking?) tempat yang sakit. Sebagai contoh: jika ada problem di otak, kita memberi terapi di kepala, untuk lambung di lambung, untuk mata di mata. Tidak ada kebutuhan untuk obat-obatan yang pahit atau membakar moxa untuk terapi. Tetapi walaupun begitu, dalam waktu singkat kesehatan anda dipulihkan, Inilah mengapa metode spiritual kami ini sangat original.


 Apa pendapat dokter-dokter terkenal terhadap ini?


Pendapat para praktisi medis cukup mendukung praktik ini, karena mereka prihatin dengan penggunaan obat-obatan yang berlebihan di jaman sekarang.

Dr Sen Nagai dari Teikoku Medical University : " Sebagai seorang dokter, kami tahu cara mendiagnosa, dan mencatat penyakti tetapi kita tidak begitu tahu bagaimana mengobatinya"".

DR Kondo :" Merupakan kesombongan bila ilmu medis telah mencapai kemajuan besar, karena gagal merawat aspek psikis dan spiritual pasien. Inilah kelemahan terbesar ilmu medis."

DR Hara :"  Sangat salah jika menyamakan manusia yang mempunya kesadaran spiritual dengan hewan. Saya percaya jika di masa depan kita dapat berharap ada perubahan besar di dunia perawatan."

DR Kuga  : " Faktanya banyak terapis yang tidak di latih dengan ilmu medis mampu memberikan kesuksesan yang lebih baik dari dokter karena mempertimbangkan karakter dan kondisi tiap pasien dalam memberikan metode pengobatan. Sangatlah berpikiran pendek untuk menolak hasil yang didapat oleh para terapis tersebut atau menghalangi mereka untuk berpraktek.
 (dari the medical journal: 'Japanese Medical News') Doctors and pharmacists often recognize this fact and come to receive training (in our method).

Bagaimana pendapat pemerintah? (pemerintah Jepang)

Pada tanggal 6 bulan Februari 1922, Perwakilan parlemen Teiji Matsushita, meminta Budget Commitee untuk memberikan penjelasan tentang posisi pemerintah pada terapi berbasis spiritualitas tanpa ada ijin kesehatan. Mr. Ushio, salah seorang anggota dari Budget Commitee mengatakan " Dulu hypnotherapy di kategorikan sesat, tetapi setelah ada penelitian lebih lanjut, hypnotherapy mempunyai efek yang baik pada pasien dengan gangguan mental. Sungguh sulit untuk mencari solusi kesehatan hanya dengan mengandalkan ilmu medis."

Fakultas kesehatan tidak mempertimbangkan terapi sentuhan atau terapi elektrik sebagai praktik medis. Karena itulah metode saya ini tidak termasuk dalam peraturan pemerintah yang mengatur dunia medis ataupun peraturan yang mengatur soal akupunture dan moxa terapi.


Apakah kemampuan penyembuhan tersebut hanya bisa didapatkan oleh orang dengan pencapaian spiritual yang tinggi? 

Tidak juga, setiap organisme hidup, yang bernafas memiliki kemampuan spiritual untuk menyembuhkan seperti tumbuhan, hewan, ikan, dan serangga. Tetapi manusia-ciptaan yang tertinggi- memiliki kemampuan terbesar. Metode saya ini merupakan cara untuk menggunakan kekuatan ini.

Apakah semua orang bisa mempelajari Usui Reiki Ryoho?

Tentu saja, Pria dan wanita, tua dan muda, terpelajar atau tidak- semua orang mampu menerima kemampuan ini dalam waktu singkat dan bisa memberikan terapi pada dirinya dan orang lain. Saya telah mengajar lebih dari seribu orang, dan tak satupun dari mereka gagal untuk menghasilkan efek yang diinginkan. Bahkan mereka yang hanya belajar di level shoden mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan. Kalau dipikir, sungguh aneh kita bisa mempunyai kemampuan penyembuhan dalam waktu singkat-inilah keistimewaan metode saya, melakukan sesuatu yang sulit dengan cara yang mudah.


Jadi saya bisa menyembuhkan orang lain, bisa kah saya menyembuhkan diri sendiri? 

Jika tidak bisa menyembuhkan diri sendiri bagaimana bisa menyembuhkan orang lain?


Bagaimana saya bisa menerima  level kedua(Okuden) - what does it involve?

Okuden terdiri dari beberapa metode - hatsu rei ho; menepuk, stroking and pressing hands; terapi jarak jauht; mengubah kebiasaan; etc. Kita akan memberikan  okuden kepada murid shoden yang antusias , mempunyai karakter dan sikap yang baik.


Apa ada level lagi setelah okuden? 

Ya ada, level shinpiden. [pron: 'shim-pe-den']

0 comments: