Perkembangan Reiki di era modern

Ada seorang wanita yang sembuh secara ajaib melalui metode Reiki Ryoho di klinik sensei Hayashi, wanita tersebut bernama Hawayo Takata(1900-1980). Beliau adalah generasi kedua keturunan Jepang di Amerika yang lahir di Hawaii.

Pada tahun 1935, beliau kembali ke Jepang setelah dokter mendiagnosa beliau mengidap penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan tinggal menunggu hari. Oleh dokter beliau, beliau disarankan untuk datang ke klinik sensei Hayashi untuk menerima perawatan. Secara ajaib, kesehatan beliau meningkat dalam 2 bulan dan sembuh secara total dalam waktu 8 bulan. Beliau sangat takjub dengan akan hal ini dan ikut membantu merawat orang-orang sakit di klinik sensei Hayashi sebagai salah seorang murid beliau selama satu tahun.

Ketika sensei Hayashi berkunjung ke Hawaii di tahun 1938, sensei Takata menerima pelajaran Shinpi-den dari sensei Hayashi dan setelah itu beliau memutuskan untuk membuka klinik Reiki di Hawaii. Beliau berkonsentrasi pada perawatan dan terapi sampai beberapa tahun sebelum beliau meninggal sensei Takata baru memulai memberikan attunement Reiki.

Dalam beberapa tahun tersebut, beliau telah melatih 22 guru. Ke 22 guru dari sensei Takata tersebutlah yang menyebarkan Reiki ke seluruh dunia dan lebih dari 3 juta orang telah menerima attunements dalam waktu kurang lebih satu dekade, jumlah ini masih terus berkembang dan bertambah.

Sensei Takata meninggal dunia pada bulan Desember 1980. Satu tahun kemudian, beberapa master Reiki yang menjadi murid dari sensei Takta bertemu selama satu minggu di Hawaii. Pada tahun itu, Phyllis Furumoto( cucu sensei Takta) mendirikan Reiki Alliance untuk menggantikan peran dari sensei Takata sebagai grandmaster Reiki. Walaupun demikian, Barbara Ray yang memiliki ide berbeda tentang Reiki mendirikan The American International Reiki Association (yang kemudian berubah menjadi ‘The Radiance Technique’). Reiki sensei Takata sekarang terbagi menjadi dua aliran besar. Selain dari 2 kelompok tersebut, di Amerika Serikat terdapat banyak kelompok-kelompok Reiki kecil.

Diluar Amerika, Reiki menyebar ke Kanada, Inggris, Australia, Jerman, Singapura, India dan banyak lagi. Di India, kelompok Osho (Bagwan Shri Rageneesh) mengadopsi Reiki dari kelompok Furumoto dan menyebarkannya sebagai Osho Reiki. Ada juga indikasi penyebaran Reiki di Taiwan dan Korea melalui Jepang.

Di akhir 1980, Reiki kembali ke Jepang dan berkembang pesat.

Reiki telah menjadi terkenal di dunia internasional sekarang ini atas jasa 3 guru(master), Mikao Usui, Chujiro Hayashi, dan Hawayo Takata. 

0 comments: